Selasa, 30 September 2014

Perlukah Tes Prestasi ??

Dalam dunia pendidikan istilah tes dapat didefinisikan sebuah instrument yang dipakai untuk memperoleh informasi tentang seseorang atau obyek ( Rusli Lutan (2000:21) ), jadi di dalam dunia pendidikan tes tersebut erat kaitannya dalam kegiatan belajar-mengajar. 

Pada kali ini tes yang akan dibahas adalah tes prestasi belajar, apakah tes prestasi belajar itu ?????

Menurut Benyamin S Bloom (Azwar, 2003) bahwa tes prestasi belajar adalah salah satu alat ukur hasil belajar yang dapat mencakup semua kawasan tujuan pendidikan. Ia membagi kawasan tujuan pendidikan mejadi tiga bagian, yaitu: 


  1. Kawasan kognitif.
  2. Kawasan afektif. 
  3. Kawasan psikomotorik.

Lalu Robert L. Ebel 1979 (Azwar, 2003) menjelaskan bahwa fungsi utama Tes Prestasi dikelas adalah mengukur prestasi belajar para siswa. 

Serta Cronbach 1970 (Azwar, 2003) menambahkan bahwa tes prestasi belajar disusun secara terencana untuk mengungkap apa yang oleh disebut sebagai performansi maksimal subjek (maximum performance).


FUNGSI TES PRESTASI BELAJAR
Ada beberapa fungsi dari tes prestasi belajar, antara lain:
  1. Fungsi penempatan adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk klasifikasi individu kedalam bidang atau jurusan.
  2. Fungsi formatif adalah penggunaan tes prestasi belajar guna melihat sejauh mana kemampuan belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu program pendidikan.
  3. Fungsi diagnostik adalah penggunaan tes prestasi belajar untuk mendiagnosis kesukaran-kesukaran dalam belajar, mendeteksi kelemahan-kelemahan siswa yang dapat diperbaiki segera, dan semacamnya.
  4. Fungsi sumatif adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk memperoleh informasi mengenai penguasaan pelajaran yang telah direncanakan sebelumnya dalam suatu program pelajaran. Tes sumatif merupakan pengukuran akhir dalam suatu program dan hasilnya dipakai untuk menentukan apakah siswa dapat dinyatakan lulus dalam program pendidikan tersebut atau apakah siswa dinyatakan dapat melanjutkan ke jenjang program yang lebih tinggi.

CARA MENGUKUR PRESTASI BELAJAR
Dalam mengevaluasi tingkat keberhasilan atau pemahaman belajar dapat dilakukan melalui beberapa tes prestasi belajar antara lain :

  • Tes Formatif, penilaian ini digunakan untuk mengukur satu atau beberapa pokok bahasan tertentu yang diadakan sebelum atau selama pelajaran berlangsung dan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang daya serap siswa terhadap pokok bahasan tersebut. Hasil tes ini dimanfaatkan untuk memperbaiki proses belajar mengajar bahan tertentu dalam waktu tertentu.
  • Tes Subsumatif, tes ini meliputi sejumlah bahan pengajaran tertentu yangtelah diajarkan dalam waktu tertentu. Tujuannya adalah untukmemperoleh gambaran daya serap siswa untuk meningkatkan tingkatprestasi belajar siswa. Hasil tes subsumatif ini dimanfaatkan untukmemperbaiki proses belajar mengajar dan diperhitungkan dalammenentukan nilai rapor.
  • Tes Sumatif, tes ini diadakan untuk mengukur daya serap siswa terhadap bahan pokok-pokok bahasan yang telah diajarkan selama satu semesteratau satu catur wulan. Tujuannya adalah untuk menetapkan tingkat atau taraf keberhasilan belajar siswa dalam suatu perioe belajar. Hasil dari tes sumatif ini dimanfaatkan untuk kenaikan kelas, menyusun peringkat(rangking) atau sebagai ukuran mutu sekolah.

Dari penjelasan diatas mungkin sudah dapat dipahami bahwa apa itu tes prestasi belajar, fungsinya apa, lalu bagaimana caranya mengukur tes tersebut...

Jadi menurut saya tes prestasi belajar tersebut itu penting sekali, karena dari tes tersebut kita dapat mengetahui apa dan bagaimana kualitas seseorang dalam hal belajar, dan dari hasil tes tersebutlah kita bisa memberikan perlakuan kepada seseorang tersebut, apakah diberi hadiah (reward) ? atau hukuman (punishment) ?

Sekian...



Alfin Priyandono

1125091659

Reguler 2011

Source: http://sflussy.blogspot.com/2014/09/apa-kata-mereka-tentang-tes-prestasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar